Jakarta - Kemendikdasmen, Direktorat Guru Pendidikan Dasar menerima kunjungan Verifikasi Lapangan Evaluasi Zona Integritas untuk Satuan Kerja Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2025. Kegiatan ini berlangsung di kantor Direktorat Guru Pendidikan Dasar Gedung C Lantai 15, Senayan Jakarta pada hari selasa 23 September 2025.
Tim evaluator Tim Penilai Nasional (TPN) Ibu Ika Yunita Puspitasari dan Natasha Fauziyah didampingi oleh Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Kemendikdasmen serta dari pihak Setditjen GTKPG diterima langsung oleh Direktur Guru Pendidikan Dasar Rachmadi Widdiharto untuk meninjau langsung fasilitas dan alur pelayanan publik. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terkait pembangunan Zona Integritas dengan Tim ZI Direktorat Guru Dikdas.
Direktorat Guru Dikdas telah sampai pada tahap verifikasi lapangan evaluasi Zona Integritas menuju WBK, yang merupakan tahap akhir yang harus dilalui.
Kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahapan Desk Evaluation – Wawancara Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) secara daring melalui video telekonferensi dengan menggunakan zoom meeting pada hari senin tanggal 25 Agustus 2025. Direktur Guru Pendidikan Dasar Rachmadi Widdiharto dan Ketua ZI WBK Direktorat Ibu Nita Isaeni beserta seluruh Koordinator dan Sekretaris Area Pembangunan Zona Integritas secara lengkap menghadiri Desk Evaluasi tersebut.
Direktorat Guru Pendidikan Dasar menjadi presenter dalam kesempatan tersebut yang menjelaskan secara terstruktur dan sistematis terkait transformasi Zona Integritas di Direktorat Guru Dikdas. Terdapat 6 (enam) area perubahan yang menjadi fokus dalam reformasi birokrasi sebagaimana telah ditetapkan oleh Kemen PAN-RB, yaitu:
Dengan tekad yang kuat dan mengakar serta komitmen dan konsistensi, Direktorat Guru Dikdas telah melakukan transformasi khususnya pada ke-enam area dimaksud. Dijelaskan juga bagaimana sebelum dibangunnya Zona Integritas dan setelah pembangunan ZI serta dampaknya terhadap pelayanan kepada masyarakat.
Penanaman nilai-nilai integritas dan pelayanan publik selalu menjadi yang utama dan pertama, dengan sistem yang telah dirancang sedemikian rupa, maka penanaman tersebut akan terus berlanjut walaupun terdapat perubahan lokasi kantor di Direktorat Guru Dikdas.
Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi salah satu hal yang tidak kalah pentingnya bagi Direktorat Guru Dikdas. Pelayanan publik akan senantiasa menjadi prioritas bagi Direktorat Guru Dikdas karena mencerminkan profesionalisme dan dapat meningkatkan kepercayaan publik khususnya para Guru SD dan SMP di seluruh Indonesia.